Hal apa saja yang harus dihindari setelah operasi Caesar? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang bersiap untuk melahirkan dengan cara caesar. Pada dasarnya banyak sekali ibu hamil yang ingin melahirkan dengan cara alami atau normal, namun beberapa keadaan justru mengharuskan mereka untuk melahirkan secara Caesar, karena itulah penting bagi mereka untuk mengetahui hal apa saja kiranya yang tidak boleh atau bahkan harus dihindari setelah operasi Caesar tersebut dilakukan. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

Angkat barang berat dan melakukan aktivitas berat

Mengangkat barang yang berat dapat memicu munculnya pendarahan atau bahkan dapat membuka luka jahitan yang ada di bagian perut, sehingga bekas jahitan itu pun akan lebih sulit untuk mengering. Selain itu hindari beragam aktivitas berat, seperti halnya berolahraga, dan ibu yang telah melahirkan Caesar pun umumnya hanya diperbolehkan untuk mengangkat bayi atau menggendongnya serta berjalan kaki dengan pelan.

Hindari guncangan serta gerakan cepat

Saat pulang dari rumah sakit, pastikanlah untuk meminta orang yang menyetir kendaraan dengan lebih berhati-hati. Karena guncangan yang keras dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa pada bagian perut. Selain itu pastikan untuk membawa bantal yang dapat menekan perut sehingga mengurangi sakit apabila terjadi guncangan, dan pastikanlah untuk tidak bergerak dengan terlalu cepat, seperti halnya ketika bangun tidur atau bahkan berbalik badan saat mengganti posisi tidur.

Hindari makanan mengandung gas

Meskipun membuang gas setelah operasi itu baik untuk dilakukan, namun jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka hal tersebut tentunya dapat membuat perut anda terasa sakit. Untuk itu, sebaiknya anda hindari konsumsi jenis makanan yang menghasilkan gas, seperti jahe, kol, brokoli dan lainnya.

Hindari makanan yang menjadikan anda sembelit

Setelah melakukan operasi Caesar umumnya anda akan mengalami kesulitan dalam hal buang air besar. Karena itulah jangan perparah hal tersebut dengan mengkonsumsi beragam jenis makanan yang dapat menyebabkan sembelit. Karena itulah, akan lebih baik untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur dan juga konsumsi air minum dengan mencukupi sehingga BAB pun dapat dilakukan dengan lebih lancar. Karena mengejan sendiri tidak dianjurkan bagi ibu yang telah melakukan operasi Caesar, pasalnya hal tersebut dapat membuka jahitan yang ada di bagian perut.

 Hindari pekerjaan rumah

Untuk berdiri dan juga berjalan pun umumnya akan dirasa sulit oleh ibu yang baru saja melahirkan dengan operasi Caesar, karena itulah pekerjaan rumah pun sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Bahkan hal kecil seperti mencuci piring pun dianjurkan untuk tidak dilakukan.

Hindari menaiki tangga

Berjalan menuju kamar mandi menjadi hal penting yang wajib untuk anda lakukan setelah proses melahirkan Caesar, karena hal tersebut juga berfungsi sebagai proses recovery setelah proses operasi. Namun hal yang harus dihindari adalah menaiki tangga, karena hal tersebut sangat beresiko untuk dilakukan.

Hindari berhubungan seks

Untuk memulai kembali berhubungan seks dapat dilakukan dengan bertanya pada dokter terlebih dahulu. Dalam hal ini sebaiknya anda menunggu hingga beberapa minggu atau hingga luka bekas jahitan mongering. Dengan demikian anda pun akan lebih nyaman dalam melakukan hubungan kembali dengan pasangan anda.

Menyesal karena operasi Caesar

Tidak jarang diantaranya orang tua yang merasa menyesal karena telah melakukan operasi Caesar, namun dibandingkan dengan menyesali hal tersebut ada baiknya jika anda lebih mensyukuri keberadaan si kecil karena telah lahir dengan selamat. Dengan demikian proses recovery pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tidak akan berjalan dalam waktu lama.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa hal yang sebaiknya anda hindari setelah operasi Caesar dilakukan.