Pendidikan salah satu hal yang dapat mencerminkan suatu bangsa. Jika satu negara memiliki pendidikan yang baik, maka kehidupan bermasyarakat di dalam negara tersebut dapat dikatakan baik pula. Pendidikan sendiri juga sudah tidak terlepas dari sentuhan teknologi canggih sebagai penunjang. Gadget adalah salah satu perangkat yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan.

Kehadiran Gadget Untuk Memudahkan Pembelajaran

Pendidikan tentu saja tidak bisa lepas dari pengetahuan. Sekarang ini pengetahuan bisa dengan mudah diakses dan didapatkan oleh setiap peserta didik dari berbagai media, termasuk media internet. Hal ini yang menjadikan keberadaan gadget sebagai media yang sangat membantu proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan negara dan melahirkan lulusan terbaik yang mampu berdaya saing dengan negara lain.

Sebagai contoh, zaman dulu setiap peserta didik harus membaca buku atau mengunjungi perpustakaan terlebih dahulu agar bisa memperoleh wawasan. Tidak hanya itu, bahkan terkadang dulu sekolah tidak memiliki perpustakaan dan buku paket terbatas. Sehingga, siswa menjadi tidak seorang yang tidak peka terhadap berita atau informasi terbaru. Kondisi buku dan perpustakaan yang tidak memadai ini lah yang menyebabkan minat baca siswa rendah.

Akan tetapi, sekarang ini setiap siswa bisa dengan mudah dan cepat mengakses informasi yang mereka inginkan. Setiap materi telah dituangkan ke dalam yang lebih mudah dibaca kapan saja dan dimana saja. Tidak sampai di situ saja, bahkan telah tersedia e book atau buku paket elektronik yang lengkap dengan lembar kerja siswa (LKS) dan memungkinkan siswa bisa mengerjakannya di rumah.

Kehadiran gadget telah memudahkan siswa, guru, dan semua perangkat pendidikan untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan yang sebenarnya. Dengan gadget, pendataan siswa dan guru jadi lebih cepat, seluruh perangkat sekolah atau lembaga pendidikan akan lebih mudah dapat hal penerimaan, pemindahan dan kelulusan para pelajar. Sehingga, keberadaan gadget menjadi hal yang sangat penting dan memiliki peran baik dalam menjalankan dunia pendidikan.

Gadget di Dunia Pendidikan Indonesia

Tidak hanya negara luar yang telah maju, Indonesia sendiri juga mengaplikasikan gadget dalam setiap segi kehidupan untuk memperoleh kemajuan, terutama dalam bidang pendidikan. Hal ini terbukti dengan penerapan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang hampir ada di setiap sekolah di tanah air. Ujian penentuan kelulusan ini adalah wujud dari dampak positif gadget yang semestinya dirasakan oleh setiap pelajar di tanah pertiwi tercinta.

UNBK ini menggunakan teknologi canggih yang menuntut siswa tidak hanya harus mampu memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi, namun juga harus dibekali dengan keterampilan dan kepiawaian dalam dunia teknologi yang bagus. Karena, objek pendidikan berupa siswa dan mahasiswa merupakan satu satunya perangkat yang mampu menyaring baik buruknya kemunculan gadget sebagai bentuk kemajuan zaman.

Gadget Memudahkan Dalam Belajar di Mana Saja

Saat ini, siswa dan mahasiswa tidak harus terpaku kepada buku dan bahan dari perpustakaan saja. Akan tetapi, mereka bisa menggali lebih banyak ilmu pengetahuan dari media sosial dan media cetak. Seperti televisi, internet, majalah, koran, dan lain sebagainya untuk memudahkan proses belajar. Terdapat ribuan jurnal, artikel, esai, makalah, contoh skripsi, hingga tesis dan disertasi bahkan hadir dalam bahasa yang mampu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa dinikmati oleh setiap siswa secara gratis. Gadget, terdapat semua kebutuhan pendidikan yang diharapkan oleh siswa, guru, perangkat pendidikan, orang tua, lingkungan, pemerintah, dan negara demi menciptakan generasi yang lebih baik. Untuk itu, sebagai generasi milenial sudah sewajarnya anda menjaga dan mengawasi penggunaan gadget. Jangan sampai anda terjerumus ke dalam pengaruh tidak baik yang ditawarkan oleh gadget itu sendiri. Sehingga, peran dan fungsi gadget tetap bisa membantu pendidikan jadi lebih berkualitas.